Desain Rumah yang Baik

Ternyata untuk membuat rumah tidak semudah apa yang dibayangkan. Penuh banyak perhitungan mulai dari budget dan konsep. Selain itu juga lingkungan dan kenyamanan calon penghuni menjadi pertimbangan tambahan. Namun akan sulit jika semua itu sudah salah sedari pembuatan konsep desain rumah. Gambaran atau Desain Rumah akan menjadi dasar dan acuan selama membangun rumah dan ternyata apa yang ada dalam ide atau pikiran kita tidak semudah itu untuk menuangkan ke dalam bentuk gambar.

Beberapa orang bahkan jika dirasa kurang mahir untuk mengerjakan desain rumah, lebih baik memberikan tugas tersebut ke tenaga ahli atau arsitek yang sudah terpercaya. Namun sebagai calon penghuni, sebagiknya tetap melakukan gambaran kasar desain rumah.

Langkah dasar dalam mendesain rumah sendiri

1. Data ruangan

Terlebih dahulu, calon penghuni yang lebih tahu mengenai kebutuhan keluarga harus mendata ruangan apa saja yang diinginkan dan berapa jumlah anggota keluarga yang akan menghuni. Karena luas tanah akan mempengaruhi kepada jumlah penghuni. Hal itu menjadi pertimbangan agar Desain Rumah nanti akan benar – benar terealisasi berdasarkan rencana.

Data tersebut bisa dimulai dari hal yang sangat general ke hal yang khusus. Seperti, model rumah apa yang anda inginkan, dan sebaiknya disesuaikan dengan luas tanah. Selanjutnya mulai data ruangan yang umum seperti ruangan keluarga, ruang tamu. Lalu lanjutkan data jumlah kamar pribadi, kamar mandi, dapur dan jika masih memungkinkan bisa menambahkan ruang multifungsi lainnya.

2. Ukuran

Setelah mendata ruang apa saja yang anda inginkan nanti, step selanjutnya untuk Desain Rumah adalah menentukan ukuran ruangan. Agar semuanya sesuai dengan rencana maka utamakan ruangan yang benar – benar dibutuhkan. Bisa dimulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Selanjutnya sisanya gunakan untuk ruang keluarga dan ruang multifungsi lainnya. Jangan lupa untuk menyisihkan untuk lahan hijau entah di bagian depan rumah atau belakang rumah bersampingan dengan dapur. Atau sesuaikan dengan konsep dan model rumah keseluruhan.

3. Posisi ruangan

Setelah menentukan detail ruangan apa saja yang akan ada lengkap dengan ukurannya. Mulailah Desain Rumah dalam bentuk gambar dengan menggunakan skala. Mulai tempatkan bagian setiap ruangannya. Jangan lupa untuk mengukur luas tanah yang sesungguhnya sebelum membuat Desain Rumah dalam bentuk gambar. Ada baiknya untuk mengukur secara langsung tanpa mengira – ngira. Untuk memudahkan, kelompokkan ruangan yang kering dan basah. Seperti biasanya dapur, kamar mandi dan tempat cuci (piring dan baju) itu satu arah, hal itu karena bagian tersebut termasuk area basah atau area yang membutuhkan air. Begitupun untuk ruangan kering yang tidak memerlukan air seperti ruang tamu, dan ruang keluarga.

4. Atur letak jendela

Mengatur sirkulasi udara sangat penting. Karena sirkulasi udara akan menetukan kesehatan rumah dan penghuninya. Dan mengatur sirkulasi udara dianggap menjadi salah satu kunci dalam Desain Rumah. Rancanglah agar langit – langit rumah itu cukup tinggi dan usahakan untuk posisi rumah tidak menghadap ke timur agar cahaya matahari tidak langsung masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *